Oncor merupakan lampu lokal yang terbuat dari potongan bambu, diisi dengan minyak tanah dan dimasuki serabut kelapa kering sebagai sumbunya. Zaman sekarang sangat berbeda dengan zaman dahulu, dahulu masih banyak lingkungan-lingkungan yang membawa oncor untuk takbir keliling dalam rangka menyambut perayaan Hari Raya Idhul Adha. Zaman sekarang hampir semua lingkungan menggunakan lampu elektronik yang biasa disebut dengan istilah lampion untuk dijadikan media dalam pelaksanaan takbir keliling.

Tetapi berbeda dengan Desa Purworejo tahun ini. Sabtu, 10 Agustus 2019 pada pukul 18.30 Karangtaruna Setia Bakti Purworejo telah mengadakan takbir keliling membawa Oncor. Dalam kegiatan ini, semua anggota Karangtaruna Desa Purworejo mulai dari kalangan anak-anak, remaja sampai dewasa ikut berpartisipasi. Tidak hanya itu, dalam kegiatan ini Karangtaruna Setia Bakti Purworejo juga bergabung dengan Madrassah Darussalam Purworejo, yang setiap tahunnya selalu mengadakan takbir keliling.

Galeri

 

Kegiatan oncor keliling dimulai dari halaman Madrassah Darussalam, mengelilingi Desa Purworejo dan kegiatan diakhiri di halaman Madrassah lagi. Warga sangat antusias dengan oncor takbir keliling ini.

Kegiatan oncor takbir keliling memang perlu untuk dilestarikan.

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?